http://jambon.ponorogo.go.id/wp-content/uploads/2017/01/cropped-111-copy-1.jpg

Pentas Seni Reog Kecamatan Jambon Dalam Rangka Mapak Tanggal Tahun 2017

Bantarangin- Somoroto adalah sebuah desa kecil yang selalu mencuri perhatian di Kabupaten Ponorogo, dimana di zamannya desa ini sangat terkenal dengan para Waroknya, seniman Reyog, juga pemimpin-pemimpin yang terlahir di tanah ini, desa somoroto adalah sebuah desa yang dimana seluruh masyarakatnya meyakini mempunyai warisan dari leluhur tentang tanah dimana asal usul Reog Ponorogo tercipta. Tanah sabukjanur adalah sebuah tanah yg di yakini masyarakat sebagai tempat dimana Kerajaan Bantarangin berada, disinilah kemudian berdiri sebuah monument budaya “BANTARANGIN” . Tanah bertuah inilah yang secara tidak langsung menjadi magnet tersendiri bagi pelaku Reyog pun masyarakat sekitar, maka tidak heran akan kita jumpai aktivitas masyarakat mulai dari sekedar ngopi hingga perhelatan budaya di tempat ini. Reog sebagai pemersatu masyarakatnya, salah satunya agenda rutin mapak tanggal.

Pada tahun ini Pentas Seni rutin Mapak Tanggal di monumen Bantarangin Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo tersebut yang bertugas adalah Kecamatan Jambon dengan Paguyuban Reog nya  ” Singo Manggolo Putro ” dari Desa Srandil.

Acara rutin ini terpusatkan di Monumen Bantarangin yang terletak di Desa Somoroto biasa dikenal dengan istilah “Kutho Kulon”, 10 Menit ke arah barat atau arah wonogiri dari pusat kota Ponorogo. “Bantarangin” dulunya merupakan sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Prabu kelono Sewandono yang sekarang merupakan tokoh pemain dalam pagelaran seni Reyog.

 

 

 

 

 

Kecamatan Jambon Kab.Ponorogo

Kecamatan Jambon berjarak sekitar ± 15 km atau 20 menit arah barat Kota Ponorogo. Kawasan ini mudah dijangkau, dapat ditempuh melalui jalan darat dengan kendaraan roda empat dan kendaraan umum dari pusat kota. Kecamatan Jambon dengan luas wilayah 22,41 km2, terdiri dari 13 desa yang dibagi menjadi 41 dusun, 82 RW dan 224 RT, Adapun batasan fisik area kecamatan Jambon: Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Sampung Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Kauman Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Balong Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Badegan Kecamatan Jambon terdiri atas 13 desa antara lain: 1. Krebet 2. Jambon 3. Jonggol 4. Blembem 5. Poko 6. Pulosari 7. Bringinan 8. Srandil 9. Sendang 10. Sidoharjo 11. Karanglo Kidul 12. Menang 13. Bulu Lor Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur , mempunyai luas wilayah 57, 48 km2. Dari segi topografi sebagian wilayah kecamatan Jambon di bagian timur dan utara merupakan dataran rendah yang relative subur untuk pertanian sedangkan bagian selatan dan barat merupakan daerah perbukitan dan bergunung gunung yang relative baik bagi pengembangan tanaman keras dan tanaman perkebunan/pertanian. Dari luas wilayah tersebut dapat dibagi menjadi berbagai kawasan : Tanah sawah : 1.363,0 ha Lahan kering pertanian : 2.129,5 ha Tanah lainnya : 2.255,3 ha Total Luas tanah : 5.748,1 ha Keadaan Sosial dan Ekonomi Kehidupan social masyarakat Jambon cenderung agamis dan masih cukup kuat menjaga tradisi kebersamaan dan gotong royong. Secara ekonomi mayooritas penduduk adalah petani dan pedagang kecil (bakulan). Industri kecil yang ada di desa Jambon industri batu bata dan genting didesa Blembem dan industri tanah liat di desa Pulosari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *